5 Cara Diet Sehat, Tidur Nyeyak dan Tubuh Tetap Langsing

175
5 Cara Diet Sehat, Tidur Nyeyak dan Tubuh Tetap Langsing

ZonaNKRI – Agar tidur malam ini jadi lebih nyenyak tanpa mengganggu program diet Anda, ada aturan diet yang perlu diperhatikan. Ini supaya Anda tetap bisa tidur nyenyak dan berat badan tetap langsing terjaga.

Kurang tidur atau tidur tak nyenyak dapat memberikan pengaruh negatif bagi tubuh. Mulai dari mengurangi kemampuan berkonsentrasi, hingga meningkatkan risiko obesitas. Seperti dirangkum detikHealth, berikut 5 aturan diet yang perlu Anda ketahui agar tidur nyenyak dan tetap langsing:

1. Hindari kafein 10 jam sebelum tidur

Kafein adalah stimulan, jadi mengonsumsinya sebelum tidur akan berdampak pada kualitas tidur. Terutama jika Anda meminumnya beberapa saat sebelum pergi tidur. Disebutkan bahwa konsumsi kafein termasuk di antaranya kopi, sebaiknya tidak kurang dari 10 jam sebelum tidur.

2. Hindari alkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu kualitas tidur. Ya, hal ini membuat Anda tidak bisa tidur lebih nyenyak, terutama pada fase REM. Jangan dibiarkan, jika dilakukan terus-menerus kebiasaan ini dapat membuat Anda cepat lelah, serta terbangun dengan rasa lelah.

3. Minum susu sebelum tidur

Susu membantu merangsang produksi triptofan, yang merupakan pemicu dari hormon melatonin, untuk membantu tidur lebih nyenyak. Setelah minum susu hangat, jangan lupa untuk menyikat gigi terlebih dahulu sebelum pergi tidur ya.

4. Perhatikan jam makan

Bukan cuma porsi makan, diet juga memerhatikan jam makan Anda. Ada baiknya selesaikan proses makan setidaknya minimal dua jam sebelum tidur ya. Dengan begitu, tubuh punya cukup waktu untuk mencerna makanan tersebut tanpa mengganggu kualitas tidur.

5. Konsumsi karbohidrat

Kurang mengonsumsi karbohidrat terbukti bisa berdampak signifikan terhadap tidur, salah satunya dengan membuat tidur menjadi tak nyenyak. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengonsumsi asupan karbohidrat saat makan malam dengan porsi yang terkontrol.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here