Ketua Komisi Anti Korupsi Di China Sudah Resmi Menjadi Wakil Presiden Xi Jinping

68
Ketua Komisi Anti Korupsi Di China Sudah Resmi Menjadi Wakil Presiden Xi Jinping
Ketua Komisi Anti Korupsi Di China Sudah Resmi Menjadi Wakil Presiden Xi Jinping

ZonaNKRI – Parlemen China telah mengesahkan kepemimpinan Presiden Xi Jinping, sekaligus menunjukkan mantan kepala Komisi Anti-Korupsi, Wang Qishan, sebagai Wakil Presiden.

Pemilihan suara di Kongres Rakyat Nasional menyatakan suara bulat terhadap penunjukan kembali Presiden Xi. Sementara terpilihan Wang sebagai Wakil Presiden, berasal dari 2.969 suara yang mendukung, dan hanya satu yang menentangnya.

Seperti yang di lansir dari BBC pada hari minggu 18/3/2018, Wang Qishan diketahui telah lama berdiri di dalam barisan pendukung utama Presiden Xi Jinping. Terpilihnya Wang sebagai Wakil Presiden disebut sebagai konsolidasi lebih lanjut dari kekuatan pemimpin China.

Perubahan batas periode kepresidenan China baru-baru ini meluas ke wakil presiden, memberi posisi lebih penting daripada sebelumnya.

Konstitusi terbaru China memungkinkan Wakil Presiden untuk ‘membantu’ pekerjaan atasannya, dan menjalankan tugas kepresidenan atas namanya. Ini berarti Wang Qishan mungkin dalam peran nya seumur hidup bisa jauh lebih berpengaruh daripada tokoh pendahulu di posisi terkait.

Wang (69) telah memegang sejumlah posisi penting sejak mulai bekerja untuk Partai Komunis China pada tahun 1980-an, saat pertama kali diterima sebagai peneliti kebijakan.

Dia juga sempat menjabat sebagai wali kota Beijing ketika wabah Sars menyerang pada 2003 silam, dan merupakan ketua eksekutif komite Olimpiade kota tersebut pada 2008.

Pada tahun 2007, dia bergabung dengan Politbiro China. Lalu, setahun kemudian, Presiden Hu Jintao menunjuknya sebagai delegasi utama dalam pembicaraan perdagangan dengan Amerika Serikat (AS).

Mantan Menteri Keuangan AS, Henry Paulson, menggambarkan pertemuannya kala itu dengan Wang sebagai sebuah momen yang mendebarkan, karena perwakilan China tersebut memiliki selera humor yang ‘menyeramkan’.

Namun, popularitas Wang sejatinya kian terkerek naik berkat perannya baru-baru ini karena ia memimpin aksi pemberantasan korupsi.

Dalam aksi pemberantasan korupsi tersebut, Wang menjabat kepala Komisi Pusat untuk Disiplin Inspeksi. Kampanye itu diluncurkan pada tahun 2012 di bawah pemimpin partai yang baru diangkat, Xi Jinping.

Wang, yang diketahui merupakan teman Presiden Xi sejak muda, melancarkan aksi pemberantasan korupsi tanpa ampun.

Selama lima tahun pertama kepemimpinan Presiden Xi Jinping, sebanyak 1,34 juta pejabat di tingkat tinggi dan rendah, dipecat dari posisinya akibat terbukti melakukan tindak korupsi dan antidisiplin.

BACA JUGA : Adanya 3 Peran Pembobol Mesin ATM Lewat Metode Skimming

Poker Online Judi Online Kartu Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here