Dengan Kata ‘ Terima Kasih ‘ Bisa Bikin Orang Lebih Sehat

145
Dengan Kata ' Terima Kasih ' Bisa Bikin Orang Lebih Sehat
Dengan Kata ' Terima Kasih ' Bisa Bikin Orang Lebih Sehat

ZonaNKRI – Menjaga kesehatan bukan hanya dengan olahraga dan juga menyantap aneka makanan sehat.

Melainkan mengucapkan terima kasih ternyata juga bisa membantu Anda menjaga kesehatan. Tak cuma menjaga kesehatan, mengucapkan terima kasih juga akan mambantu meningkatkan suasana hati dan juga kesejahteraan.

Mengucapkan terima kasih bisa meningkatkan kadar kebahagiaan seseorang sekaligus memperbaiki kesejahteraannya. Melihat manfaat ini, saya rasa ini adalah tipe perilaku yang seharusnya kita lakukan lebih sering, ujar asisten profesor pemasaran dari Universitas Texas di Austin’s McCombs School of Bussines, Amit Kumar.

Hasil penelitian ini diungkap dalam jurnal Psychological Science.

Penelitian ini dilakukan dengan serangkaian percobaan. Para partisipan diminta untuk mengirimkan surat berisi ucapan terima kasih pada seseorang yang berjasa pada hidupnya.

Para partisipan pun diminta untuk membayangkan reaksi penerima surat saat menerima surat yang dikirimkan. Reaksi inilah yang dinilai oleh para peneliti.

Namun hasilnya, peneliti menemukan, para penulis surat secara konsisten salah menilai, merasa canggung berlebihan,meremahkan suasana hati si penerima dan terkejut saat menerima catatan.

Penulis berpikir hal-hal seperti, “apakah kata-kataku benar dan haruskah aku mengartikulasikannya? Ini bisa menjadi hambatan saat menulis. Namun, bila Anda menerima sesuatu seperti surat ucapan terima kasih, Anda akan langsung mengevaluasi niat si pengirim, ungkap Kumar.

Sepanjang ekspresi seseorang itu tulus dan hangat, penerima seringkali akan bereaksi positif,sambung dia.

Peneliti juga mensurvei para penulis surat sebelum dan sesudah menulis surat mereka. Hasilnya, menulis ucapan terima kasih membuat mereka mendapatkan lebih banyak energi positif. Energi positif ini termasuk akan meningkatkan suasana hati yang berefek pada meningkatnya kesehatan.

Sayangnya, studi ini tidak mengamati apakah mengekspresikan rasa syukur dan ucapan terima kasih lewat pesan instan akan memberi dampak yang sama atau tidak.

BACA JUGA : Zohri Pulang Kampung Dan Bergabung Menjadi Relawan Gempa di Lombok

Poker Online Judi Online Kartu Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here