Bawaslu Gelar Sidang Pendahuluan Terkait Laporan OSO ke KPU

84
Bawaslu Gelar Sidang Pendahuluan Terkait Laporan OSO ke KPU
Bawaslu Gelar Sidang Pendahuluan Terkait Laporan OSO ke KPU

ZonaNKRI – Bawaslu akan menggelar sidang pendahuluan terkait laporan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang. Sidang ini dijadwalkan akan dilakukan hari ini.

Iya hari ini sidang pendahuluan jam 10.00 WIB,ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menegaskan sidang hari ini membahas dua laporan yang dimasukan OSO. Hal ini terkait dugaan pelanggaran administrasi dan dugaan pelanggaran pidana pemilu.

Iya terkait dua persoalan, ujar Dewi.

Dewi mengatakan terkait dugaan pelanggaran pidana, sidang akan dilakukan dengan agenda mendengarkan keterangan pelapor dan saksi. Sedangkan terkait laporan pelanggaran administrasi akan dilakukan sidang pendahuluan.

Untuk laporan pidana, sudah diregistrasi, hari ini akan dilakukan klarifikasi terhadap pelapor dan saksi pelapor. Untuk laporan administrasi diawali dengan sidang pendahuluan, kata Ratna.

Diketahui OSO memasukan dua laporan berbeda, laporan pertama dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan KPU terkait putusan Mahkamah Agung (MA) dan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Laporan ini dimasukkan atas nama kuasa hukum OSO, Dodi S Abdul Qadir, pada 18 Desember 2018.

Sedangkan laporan kedua terkait adanya dugaan pelanggaran pidana pemilu. Dimasukkan oleh kuasa hukum OSO, Herman Kadir, pada 18 Desember 2018.

Sebelumnya, KPU memutuskan melaksanakan putusan MA dan PTUN dengan memasukkan OSO ke dalam daftar calon tetap (DCT). Namun KPU tetap meminta OSO menyerahkan surat pengunduran diri dari kepengurusan Partai Hanura sebelum namanya dimasukkan dalam DCT.

BACA JUGA : Personel Brimob Dikeroyok Oleh Anggota Ormas di Depok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here