Kades Duga Lautan Sampah di Kali Jambe Bekasi Berasal dari TPS Liar

53
Kades Duga Lautan Sampah di Kali Jambe Bekasi Berasal dari TPS Liar
Kades Duga Lautan Sampah di Kali Jambe Bekasi Berasal dari TPS Liar

ZonaNKRI – Lautan sampah di Kali Jambe, Kabupaten Bekasi, mulai dibersihkan. Kepala Desa Mangunjaya, Idi Rohidi, mengatakan lautan sampah itu terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat soal kebersihan kali.

“Permasalahan yang mendasar ini adalah kesadaran sosial, kesadaran tentang kebersihan. Kemudian sumbernya, ini Kali Jambe ini lintasnya beberapa desa, kemudian di hulunya Desa Jatimulya, Lambangsari, Mekarsari, kemudian Setiamekar baru Mangunjaya. Kemudian di hilirnya itu Satriakaya, dan Karang Satria. Jadi pokok permasalahanya ya kesadaran masyarakat,” ujar Idi di Desa Mangunjaya, Tambun, Kabupaten Bekasi, Jumat (6/9/2019).

Idi mengakui masih banyak warganya yang membuang sampah langsung ke kali. Idi menduga sampah-sampah itu berasal dari tempat pembuangan sampah (TPS) liar di bantaran kali.

“Di antaranya seperti itu, di antaranya ada tempat pembuangan sampah liar atau para pemulung, yang mendaur ulang sampah ini kemudian tanpa kesadaran yang tinggi, membuang ke kali,” ujar Idi.

Dia menduga warga yang mengelola TPS liar itu membuang sampah secara sengaja ke Kali Jambe. Idi TPS liar di bantaran Kali Jambe lebih dari 1.

“Sebetulnya cukup banyak (TPS ilegal), di Mangunjaya aja mungkin lebih dari 10 (TPS liar). Di bantaran kali ya. Ilegal iya,” lanjutnya.

Jika angin berembus kencang, sampah di TPS liar itu terkadang tumpah ke kali. “Iya tumpah ke kali atau ada unsur kesengajaan. Mereka buang mungkin ke kali,” ujar Idi.

Lautan sampah di Kali Jambe mulai dibersihkan hari ini. Sejumlah pejabat daerah dan lapisan masyarakat bergotong royong mengangkut sampah.

“Total ada 100an (personel gabungan), 40 (personel) dari teman-teman UPTD kebersihan, koramil 1 regu, polsek kecamatan ada 7 orang, desa 25 orang jadi kurang lebih 100 (personel) ” ujar Camat Tambun Selatan Iman Santoso.

Sejumlah alat berat dan truk juga diterjunkan. Di antaranya 5 unit truk, 3 unit baktor, dan 1 unit backhoe.

BACA JUGA :   Malaysia Bakal Laporkan Ricuh GBK ke FIFA

POKER ONLINE | JUDI ONLINE | KARTU ONLINE
|
 MUTIARAPOKER | POKERMAWAR | POKERINTAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here