Data Penumpang Lion yang Bocor Bisa Disalahgunakan Buat Terorisme

60
Data Penumpang Lion yang Bocor Bisa Disalahgunakan Buat Terorisme
Data Penumpang Lion yang Bocor Bisa Disalahgunakan Buat Terorisme

ZonaNKRI – Jutaan data pelanggan maskapai Lion Air Group yang bocor di sebuah forum berpotensi disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai data para pelanggan tersebut bisa digunakan untuk tindak pidana hingga terorisme.

“Rawan untuk pemalsuan identitas tindak pidana dan terorisme,” kata Alvin.

Mengutip laman blog teknologi BleepingComputer, data yang yang bocor terdiri dari informasi kartu penduduk atau KTP penumpang, alamat, nomor telpon, e-mail hingga nomor paspor.

Menurut Alvin, data tersebut juga bisa disalahgunakan dengan yang berkaitan transaksi komersial dan sebagainya.

“Data identitas pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, tempat tanggal lahir, kemudian nomor KTP, nomor paspor itu rawan disalahgunakan untuk transaksi online dan juga untuk membuat akun internet media sosial dam sebagainya, serta transaksi komersial,” jelasnya.

Oleh karena itu, Alvin mengimbau kepada manajemen Lion Air Group untuk meningkatkan sistem keamanan data para pelanggannya. Anggota Ombudsman ini juga berharap bahwa pemerintah segera membuat aturan khusus mengenai keamanan data konsumen.

Sebab, dengan bocornya data pelanggan Lion Air menandakan bahwa sistem yang dikelola oleh maskapai masih lemah.

“Sistem perlindungan data pelanggan ini masih kurang kuat. Sebab, kemungkinan data tersebut dikelola oleh pihak ketiga bukan dari Lion sendiri. Kemudian juga kurang update data security,” ungkap dia.

BACA JUGA :  Wakil Ketua KPK Laode: Menkumham Yasonna Laoly Berbohong!

POKER ONLINE | JUDI ONLINE | KARTU ONLINE
|
 MUTIARAPOKER | POKERMAWAR | POKERINTAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here